728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, May 26, 2015

Mudah Loh Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Ini Dia Caranya!

Mudah Loh Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Ini Dia Caranya!
Honda Vario 125
 
Bro sis sekalian....Vario 125 adalah motor matic yang memakai sistem pendinginan cairan. Dengan menggunakan sistem ini tentu lebih efektif ketika berada dalam kemacetan dibanding sistem pendingin udara. Cairan pendingin atau yang disebut coolant akan bersirkulasi didalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian dilepaskan keudara di radiator dengan bantuan kipas. Berbeda dengan sistem pendingin udara yang tidak memerlukan perawatan berkala, pada sistem pendingin cairan ini perlu dilakukan perawatan secara berkala terutama pada air radiator atau coolant.

Penggantian air radiator pada motor vario 125 ini disarankan setiap 24 ribu kilo meter. Karena setelah pemakaian yang cukup lama bisa saja kualitas air pendingin tersebut berkurang. Jika ini terjadi tentu berdampak pada kurang optimalnya sistem pendinginan yang akan berdampak pada mesin terjadi overheat. Tak sulit untuk menguras air pada radiator Vario 125 dan kemudian mengganti coolant dengan yang baru. Jika memang anda belum pernah melakukanya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Berikut Cara Mengganti Air Radiator Vario 125
A. Siapkan terlebih dahulu 2 buah botol coolant 500 ml
Cairan pendingin atau coolant ini dapat anda dapatkan di Bengkel Resmi Honda seharga Rp 20 ribu untuk setiap botolnya. Saya sarankan untuk memilih yang asli dari Honda karena sudah dilengkapi dengan anti karat
 
B. Buka Cover Radiator
Dengan menggunakan kunci T-8 lepas baut pengunci cover radiator Vario 125. Siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan dikuras baru kemudian lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5. Jangan lupa lepaskan tutup radiator agar airnya lancar mengalir
 
Mudah Loh Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Ini Dia Caranya!
Air Radiator
 
C. Isikan air radiator atau coolant yang baru
Setelah air radiator terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant sampai penuh. Setelah itu pasang kembali tutup radiator.
 
D. Isi reservoir tank atau tabung cadangan dengan coolant
Yang perlu diperhatikan adalah batas ketinggian dalam tabung cadangan. Usahakan tidak melebihi batas upper pada tabung cadangan tersebut.

Gimana sudah jelas ? kini anda tidak perlu membawa ke bengkel untuk mengganti air radiator Vario 125 anda karena untuk penggantianya cukup simple bukan. Nah semoga info ini bisa berguna jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga berguna (sumber)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mudah Loh Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Ini Dia Caranya! Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD