728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, March 5, 2015

Definisi Dari Teknologi Idling Stop System (ISS) Untuk Sepeda Motor

Idling Stop Sistem (ISS), otomotif Info
Idling Stop Sistem (ISS), otomotif Info
 
Bro sis sekalian....Tehnologi Otomotif Idling Stop Sistem (ISS) yaitu suatu system yang bekerja untuk mematikan mesin dengan cara automatis ketika berhenti sesaat atau berhenti di lampu merah. Dengan Tehnologi ISS ini bisa kurangi mengkonsumsi penggunaan bahan bakar yang tak perlu serta turunkan emisi gas buang. Diluar itu, kemampuan mesin lebih efektif, irit bahan bakar, serta tentu ramah lingkungan.

Dari sebagian pengujian memakai cara ECE R40 pada Tehnologi ISS ini, di ketahui bahwa jumlah emisi bahan bakar yang berhasil dikurangi bisa meraih 7% dibanding dengan type sepeda motor yg tidak memakai ISS. Diluar itu, mengkonsumsi bahan bakar juga lebih hemat sampai 37%. Oleh karena itu, type sepeda motor yang memakai Tehnologi ISS dapat disebutkan juga sebagai sepeda motor ramah lingkungan.

Tetapi sudah pasti, seluruhnya kembali pada pemakai sepeda motor sendiri. Kadangkala rutinitas pengendara yang lebih sukai tdk mengaktifkan Tehnologi ISS ini tentu tak lagi beresiko apa-apa pada lingkungan. Belum lagi beberapa besar sepeda motor sekarang belum memakai tehnologi ini.

Langkah Kerja Tehnologi ISS Sepeda Motor
Yakinkan posisi tombol Idling Stop telah anda tekan serta lampu indikator pada speedometer telah menyala. Serta sesudah motor digerakkan jadi sensor bakal memberi tahu ECM (Engine Control Module) untuk aktifkan Idling Stop. Jika motor berhenti minimum 3 detik jadi ECM bakal perintahkan mesin untuk berhenti. Serta waktu mesin mati, lampu indikator bakal berkedip yang bertanda bahwa Idling Stop tengah aktif dan sedang difungsikan.


Waktu handle gas (throttle) kita buka jadi Throttle Position Sensor (TP Sensor) bakal berikan signal ke ECM untuk memberi tahu altenator buat menghidupkan mesin tanpa ada perlu menghimpit tombol starter jadi mesin bakal automatis menyala. Peristiwa ini bakal terus-terusan berjalan sepanjang tombol Idling Stop diaktifkan. Namun bila tombol Idling Stop tak diaktifkan jadi Idling Stop tak bekerja.


Komponen Tehnologi ISS Sepeda Motor
  • Idling Stop Switch, berperan untuk aktifkan serta menonaktifkan manfaat ISS
  • Stand by indicator, berperan memberi info kerja ISS
  • Engine Coolant Temperature Sensor (ECT Sensor), berperan untuk mendeteksi suhu mesin
  • Vehicle Speed Sensor (VS Sensor), berperan untuk mendeteksi kecepatan kendaraan
  • Throttle Position Sensor (TP Sensor), berperan untuk mendeteksi pojok pembukaan katup gas
  • Engine Control Module (ECM), berperan untuk mematikan serta menghidupkan mesin
  • ACG Starter, berperan untuk memutarkan mesin
Langkah Aktifkan Tehnologi ISS Sepeda Motor
Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal merubah posisi button switch ke keadaan Idling Stop (klik ke bawah). Jadi, lampu hijau yang ada pada speedometer bakal menyala dengan cara automatis, itu sinyal bahwa system ISS telah bisa dikerjakan. Saat motor Anda berhenti selama 3 detik serta system ISS memiliki fungsi, jadi lampu hijau itu bakal berkedip, saat sebelum selanjutnya bakal menyala prima kembali saat Anda mulai menarik tuas gas.

Sekianlah artikel Informasi Otomotif perihal Tehnologi Idling Stop Sistem (ISS) pada Sepeda Motor untuk kesempatan ini, semoga berguna Agan...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Definisi Dari Teknologi Idling Stop System (ISS) Untuk Sepeda Motor Rating: 5 Reviewed By: T Naganur Ry DD2018