728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, March 25, 2015

Gelagat Kenaikan Harga Sepeda Motor dari Honda Semakin Dekat?

Gelagat Kenaikan Harga Sepeda Motor dari Honda Semakin Dekat?
Gelagat Kenaikan Harga Sepeda Motor dari Honda Semakin Dekat?
Bro sis sekalian...Nilai ganti Rupiah (Rp) pada Dollar Amerika Serikat (USD), memanglah belum stabil. Meskipun mulai alami penguatan pada akhir minggu lalu, tetapi nilainya masih tetap belum beranjak dari angka Rp. 13. 000. Dengan nilai ganti yang lemah pada Dollar, jadi keadaan perekonomian di Indonesia juga terang belum stabil. Jadi tidak heran, bila banyak pihak menambah harga barang produksinya. Hal itu, hanya dikerjakan tidak untuk menjadi rugi.

Melemahnya nilai ganti Rupiah pada Dollar Amerika, harus juga dirasa oleh beberapa pelaku industri otomotif. Pada awal melemahnya nilai ganti Rupiah kesempatan ini, banyak produsen yang masih tetap keukeh untuk menjaga harga. Hal itu yang pasti juga dikerjakan dengan usaha yang demikian berat. Tetapi, kelihatannya sekarang ini signal kenaikan harga motor, mulai tampak. Kesempatan ini datang dari pabrikan asal Jepang—Honda. Harga motor naik, sehubungan dengan harga komponen motor.
Advertisement

Menurut catatan, beberapa produsen sepeda motor sekarang ini mempunyai komponen buatan lokal yang meraih 80 % pada produksinya. Untuk beberapa produsen yang lakukan produksi dengan komponen buatan lokal, dan bertempat didalam negeri, kenaikan harga cukup dapat di tunda. Sekurang-kurangnya mereka dapat menanti, sembari menantikan ekonomi kondusif. Penundaan ini dapat dikerjakan dengan mengutamakan efisiensi produksi. Tetapi, hal itu tak berlaku untuk motor-motor yang berstatus impor utuh atau CBU. Harga komponen buatan luar serta cost perakitan diluar Indonesia, yang pasti bikin harga nya juga mesti ikuti penguatan Dollar. Hal itupun berlangsung pada sebagian jenis motor punya Honda.

“Kalau jenis impor seperti Honda PCX serta CBR250 pastinya tak dapat kita tahan kenaikannya. Lantaran CBU, jadi betul-betul bergantung dengan kondisi rupiah, ” terang Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) di acara Honda Indonesia Marketeers Festival, di Jakarta.

Tetapi jangan sampai keburu puas dahulu, bila tunggangan anda bukanlah motor impor utuh, Agan.!!! Pasalnya, menurut Margono, jenis yang di produksi dengan cara lokal makin lama akan alami kenaikan harga. Hal semacam ini karena sebagian komponen juga masih tetap mesti diimpor dari luar. Perihal ini pula yang bikin AHM tidak kuasa menahan laju harga jual. Pernyataan itu jadi signal yang lumayan kuat, untuk selekasnya merasakan motot-motor garapan Honda dengan status harga naik. Terlebih dahulu, bila nilai ganti Rupiah pada Dollar, masih tetap terus menerus letoy/melemah.

“Sebisa mungkin saja kita tahan kenaikan. Namun bila rupiah selalu anjlok, harus kita juga mesti menaikan harga jenis yang di produksi lokal. Lantaran, sebagian komponen kan masih tetap ada yang impor, itu yang bikin beban produksi turut naik, ” lanjut Margono. Lantas, bila harga motor-motor buatan Honda betul-betul bakal dinaikkan, berapakah prosentase kenaikannya?

Untuk yang satu itu, pihak PT Astra Honda Motor (AHM) belum dapat mengungkapkan presentase kenaikan yang mereka buat persiapan untuk jenis-tipe yang di produksi didalam negeri. Lagipula, Honda juga masih tetap mesti mengkaji beberapa hal, termasuk juga daya beli orang-orang, saat sebelum betul-betul menambah harga. Salah-salah, malah penurunan penjualan yang akan dihadapi. Gimana Agan, apakah kita tunggu saja informasi terbaru dari AHM?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gelagat Kenaikan Harga Sepeda Motor dari Honda Semakin Dekat? Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD