728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, March 14, 2015

Dollar Melambung, Akankah Berimbas Dunia Otomotif?

melemahnya nilai ganti Rupiah pada mata uang Dollar Amerika Serikat, otomotif info
melemahnya nilai ganti Rupiah pada mata uang Dollar Amerika Serikat, otomotif info
 
Bro sis sekalian...Dalam kurun waktu beberapa bln. akhir-akhir ini memanglah Indonesia tengah dirundung permasalahan keuangan yakni melemahnya nilai ganti Rupiah yang menyebabkan nilai Dollar selalu melejit. Melejitnya Dollar sekarang ini bahkan juga cukup mengerikan, yang mana sekian waktu akhir-akhir ini Dollar menyentuh angka hamper Rp. 13. 200 an. Dengan melejitnya mata uang Dollar juga berimbas pada hutang Pemerintah Indonesia pada Bank Dunia yang meraih 5% semakin besar dari hutang yang semestinya. Walau sekian Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk melakukan perbaikan system keuangan yang ada hingga diinginkan nilai ganti Rupiah pada Dollar bakal lebih menguat. Lalu apakah keadaan mata uang Dollar yang melejit sekarang ini punya pengaruh pada industry otomotif di Tanah Air, terutama penjualan motor?

Benar-benar disadari dengan melemahnya nilai ganti Rupiah pada mata uang Dollar Amerika Serikat itu bikin beragam kelompok industri otomotif di Indonesia terutama kelompok produsen sepeda motor makin tertekan. Disatu segi dengan kurang stabilnya harga minyak dunia yang berlangsung belakangan ini. Juga di pastikan cost produksi yang perlu dikeluarkan oleh produsen sepeda motor di Indonesia lebih bertambah. Hingga dapat di pastikan bahwa penjualan sepeda motor th. ini mungkin saja tidak selaris th. lalu.

Keadaan itu juga diperkuat bahwa komponen bahan baku untuk produksi sepeda motor sekarang ini umumnya masih tetap di Impor. Walau sebagian produsen sepeda motor yang ada sekarang ini mempunyai komponen buatan local yang meraih 80 sampai 90 %. Namun hal tersebutlah yang juga berimbas pada kesusahan produsen motor yang ada di Tanah Air.

Walau demikian sebagian produsen motor di Indonesia sekarang ini, seperti Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) serta lain sebagainya menyebutkan bahwa mereka belum berpikir bahwa bakal mengerek atau menaikan harga jual product sepeda motor yang mereka buat di Indonesia. Di lain segi pihak AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan bahwa mereka juga mempunyai pilihan menaikan harga jual product sepeda motor yang di ciptakan di Indonesia. Tetapi mereka bakal pikirkan serta mengambil keputusan dengan hati-hati tentang pilihan itu. Sebatas info bahwa penjualan motor sepanjang berapa bln. th. 2015 ini di ketahui alami penurunan dibanding th. lalu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dollar Melambung, Akankah Berimbas Dunia Otomotif? Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD